Stop Kecelakaan di Kamar Mandi

Tanpa disadari, kamar mandi adalah tempat paling berbahaya dibanding ruangan lain di rumah. Sudah tidak terhitung banyaknya kecelakaan yang terjadi di kamar mandi baik itu kamar mandi sederhana maupun kamar mandi moderen.

Seorang anak usia 3 tahun pernah tenggelam di bak mandi ketika si perawat sedang meleng dan mengerjakan hal lain. Si anak diasuh oleh pembantunya karena orangtuanya bekerja.

Si pembantu baru tersadar anak yang diasuhnya tidak ada dan setelah dicari kemana-mana ternyata si anak tenggelam di bak kamar mandi dalam kondisi sudah tidak bernapas. Di duga si anak memanjat dinding kolam yang akhirnya membuatnya jatuh terluka dan tercebur di kolam bak mandi.

Ada lagi cerita, seorang ibu yang berbobot gemuk terjatuh di kamar mandi. Nyawa si ibu tidak tertolong karena rumah dalam kondisi sepi. Sementara tetangga kiri kanannya tidak bisa mendengar suara permintaan tolong karena halaman rumahnya cukup luas sehingga tetangga tidak bisa mendengar kejadian di rumah.

Menurut data statistik dari perusahaan Aurora di North Ridgeville, Ohio sedikitnya 200.000 kecelakaan kamar mandi terjadi setiap tahunnya di AS. Kecelakaan di kamar mandi ini adalah 70 persen dari kecelakaan yang terjadi di rumah.

Kecelakaan-kecelakaan di kamar mandi seperti dikutip eHow, Selasa (23/2/2010) terus terjadi. Tapi sayangnya, banyak orang sering mengabaikan potensi bahaya di kamar mandi. Padahal kamar mandi hanya menunggu kecelakaan yang terjadi.

Kamar mandi bisa menimbulkan bahaya karena air sering tumpah ke ubin. Belum lagi jika ubinnya licin membuat orang sering terpeleset.

Banyak kejadian orang yang sedang mandi di bawah shower terpeleset karena sabun yang licin membuat ubin bertambah licin. Sering pula kejadian orang terjatuh saat ke kamar mandi waktu bangun malam karena mengantuk membuatnya menjadi tidak awas dengan ubin yang licin.

Orang juga bisa terluka parah atau jatuh karena peralatan di kamar mandi, seperti menyenggol cermin yang pinggirannya tidak ada pengaman, kesetrum listrik dari hair dryer atau terbentur wastafel karena posisinya yang tidak pas.

Sebaiknya jangan mengabaikan keselamatan di kamar mandi. Beberapa langkah bisa dilakukan untuk menghindari kecelakaan di kamar mandi.

1. Mencegah tergelincir dan jatuh di kamar mandi.
Gunakan karet karpet anti slip dan menambahkan bantalan pengaman di pinggiran bak mandi untuk mencegah slip di bath tub.

2. Menghindari bahaya listrik.
Air adalah konduktor, sehingga Anda harus berhati-hati menggunakan peralatan elektronik di kamar mandi. Jangan mengoperasikan peralatan apapun dengan tangan yang basah.

3. Stop kontak jangan terjangkau dari anak.
Jika anak-anak menggunakan kamar mandi, tempat colokan listrik sebaiknya ditutup agar anak tak coba-coba menjangkaunya.

4. Hindari panas di kamar mandi.
Caranya dengan menginstal katup pengatur suhu dan tekanan. Jika air terlalu panas ketika sedang mandi bisa otomatis diatur.

5. Rak dan cermin di kamar mandi harus dalam posisi yang tepat.
Jangan memaksakan membuat rak atau cermin besar jika luas kamar mandi sempit, bahaya tersenggol lalu jatuh sangat mungkin terjadi yang bisa membuat cedera.

(ir/ver-http://health.detik.com)