Orang Dewasa Masih Perlu Vaksin

Vaksinasi adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi saat masih anak-anak. Tapi orang dewasa juga tetap memerlukan vaksinasi untuk mencegah beberapa penyakit.

Vaksin yang biasa diberikan untuk orang dewasa adalah vaksin tetanus, difteri dan pertusis, herpes, vaksin HPV, hepatitis dan influenza musiman. Namun tak banyak masyarakat yang mengetahui hal ini.

"Permasalahan ini disebabkan kurangnya strategi dan sistem untuk mengkampanyekan imunisasi bagi orang dewasa," ujar Jeffrey Levi, direktur eksekutif dari Trust for America's Health (TFAH), seperti dikutip dari ABCNews, Senin (8/2/2010).

Jeffrey menuturkan diperlukan strategi nasional sehingga membuat vaksin dewasa menjadi bagian rutin dari perawatan medis serta meningkatkan pengetahuan masyarakat bahwa vaksin ini efektif dan aman. Karena dengan melakukan vaksin saat dewasa, dapat menghindari 40.000-50.000 kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Tidak seperti anak-anak, orang dewasa biasanya memiliki kekurangan akses atau cara untuk melakukan vaksinasi. Selain itu, orang dewasa umumnya lebih peduli terhadap perawatan akut serta tidak adanya keiukutsertaan perusahaan asuransi untuk terlibat dalam program vaksinasi orang dewasa ini.

Selama ini masih ada kesalahpahaman dan salah informasi mengenai keamanan dan efektivitas dari vaksin. Serta dukungan yang terbatas dalam hal penelitian dan pengembangan produksi vaksin untuk orang dewasa. Dengan melakukan vaksinasi, maka angka kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin bisa menurun.

(ver/ir-detik)