Toyota Cari 'Ramuan' Tokcer untuk Perbaiki Pedal Gas

Produsen mobil nomor satu di dunia, Toyota sedang berusaha keras untuk membetulkan masalah pedal gas pada mobil-mobil populernya. Toyota kini tengah menghentikan sementara penjualan 8 mobil yang ditarik kembali.

"Langkah ini sangat perlu sampai ada upaya perbaikan final. Kami akan melakukan semua upaya untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," ujar Toyota U.S. Group Vice President Bob Carter seperti dikutip Reuters, Rabu (27/1/2010).

Bob pun menggarisbawahi kalau pihaknya akan mengambil langkah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna mobil Toyota di AS. Penarikan 2,3 juta mobil berlaku untuk 8 mobil di AS.

Masalah yang dialami 8 jenis mobil itu adalah pada pedal gas yang kadang tidak kembali ke keadaan semula ketika tidak diinjak. Pedal gas di 8 mobil ini--dalam kasus tertentu yang sangat jarang terjadi-- turun sehingga sulit untuk ditekan, dan kembali naiknya pun lebih lambat. Bahkan dalam beberapa kasus justru pedal gas terjebak tidak kembali naik sehingga kecepatan mobil pun tak terkendalikan lagi oleh pengemudi.

Awalnya pedal gas yang macet ini ditengarai karena penggunaan karpet di kabin yang menekan pedal gas. Hal ini lah yang memicu penarikan kembali sekitar 4 juta lebih mobil di AS pada 2009 lalu, pada mulanya hanya 3,8 juta, namun mobil yang di-recall bertambah.

Namun di 2010 ini tiba-tiba muncul kasus lain, meski tidak menggunakan karpet, pedal gas tetap macet, hal inilah yang kemudian membuat Toyota melakukan voluntary recall sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap sekitar 2,3 juta mobil di AS.
( ddn / ddn-detik )