'Misteri' Apel dan Gravitasi Diumbar Lewat Situs

Benarkah fisikawan Sir Isaac Newton menemukan teori gravitasi akibat melihat buah apel yang jatuh? Pengguna internet kini bisa mencari sendiri jawabannya lewat sebuah naskah bersejarah yang telah diterbitkan online.

Ya, cerita detail bagaimana Newton menemukan teori gravitasi, kini bisa diakses masyarakat umum secara online. Naskah yang diterbitkan secara online ini memuat cerita asli dari sang fisikawan Sir Isaac Newton ketika ia menemukan teori gravitasi.

Naskah itu diterbitkan dalam rangka ulang tahun Royal Society yang ke 350. Sebelumnya, naskah yang merupakan biografi karya William Stukeley ini 'terkubur' dalam arsip Royal Society.

Asyiknya lagi, dengan menggunakan mouse, pengguna internet bisa membolak-balik halaman buku digital tersebut bagaikan membolak-baik halaman secara fisik. Tetapi untuk melakukan itu pengguna harus memakai plug in Microsoft Silverlight.

Jadi, benarkah Newton terinspirasi dari buah apel? Dalam naskah itu, Stukeley menceritakan bahwa Newton mengakui padanya kalau teori gravitasi itu memang terilhami jatuhnya buah apel.

Newton, tulis Stukeley, saat itu bertanya-tanya kenapa apel selalu jatuh ke tanah. "Kenapa apel selalu jatuh ke pusat bumi, tidak menyamping. Tentu saja, alasannya ialah bumi telah menariknya. Jadi yang berperan di sini ialah kekuatan tarik-menarik," demikian cerita Stukeley seperti dikutip dari DigitalNewsReport, Selasa (19/1/2010).
( sha / wsh-detik )