Awas, Netbook Cenderung Cepat Rusak

Netbook memiliki kecenderungan 5,8% gagal di tahun pertama dibandingkan laptop mahal, menurut penelitian baru.

SquareTrade, sebuah perusahaan penyedia garansi AS, menganalisa tingkat kegagalan terhadap lebih dari 30 ribu laptop yang memiliki garansi perusahaannya.

Penelitian itu menemukan 5,8% netbook mengalami gangguan di tahun pertamanya, dibandingkan dengan laptop biasa yang hanya 4,7 persen atau 4,2 persen dari laptop premium yang berharga dibawah US$ 1000.

Secara keseluruhan, lebih dari seperlima laptop cenderung mengalami kerusakan dalam waktu tiga tahun, menurut perusahaan riset.

Netbook belum lama dijual di pasaran, hingga SquareTrade belum bisa mengungkapkan tingkat kegagalan laptop dalam tiga tahun, tetapi perusahaan itu memperkirakan bahwa lebih dari seperempat akan gagal seiring waktu.

Perusahaan itu mengatakan bahwa rekayasa dalam peningkatan risiko kegagalan untuk mencegah orang-orang dari membeli mesin murah tidak mungkin terjadi.

Penelitian ini juga menimbulkan tanda tanya atas kehandalan produk Mac yang terkenal. Tiga produsen PC yaitu Asus, Toshiba dan Sony memiliki tingkat keandalan yang lebih baik daripada Apple. Mac memiliki tingkat kerusakan 17,4% selama tiga tahun, sedangkan pemimpin pasar Asus memiliki 15,6% tingkat kegagalan.

HP memiliki tingkat kegagalan terburuk dari sembilan vendor yang terdaftar, dengan persentase hingga 25,6% dalam waktu tiga tahun.[ito]